Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket
.

Tuesday 26 February 2013

Tipe Jaringan Komputer

A. Peer to Peer
    
    
merupakan tipe jaringan yang memungkinkan komputer dapat saling berkomunikasi dengan komputer lainnya tanpa perantara. Tipe jaringan ini memungkinkan suatu komputer menyediakan sumber daya yang ada. Adapun beberapa keuntungan jaringan peer to peer antara lain:
  1. Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi- pakai fasilitas yang di milikinya, seperti Hardisk, Driver, fax/modem, printer dan masih banyak yang liannya.
  2. Biyaya Operasional relatif lebih murah di bandingkan dengan tipe Client- Server, salah satunya karena tidak memerlukan adanya server yang memiliki kemampuan  khusus yang mengorganisir dan menyediakan fasilitas jaringan.
  3. Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server. Sehingga, bila satu komputer/peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan
B. Client/Server

Tipe jaringan komputer ini memerlukan satu atau lebih komputer yang berfungsi sebagai pusat pelayanan dalam jaringan, biasa disebut server.Server di jaringan Cient-server di sebut dengan Dedicaded Server karena murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebt tidak dapat berperan sebagai Workstation. Adapun keuntungan yang dimiliki oleh client server:

  • Kecepatan Akses Lebih Tinggi karena penyedia layanan atau fasilitas jaringan dan pengelompokan dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak di bebani dengan tugas lain seperti sebagai workstation. 
  • Sistem Keamanan dan Administrasi Jaringan Lebih Baik, karena terdapat sebuah komputer yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrator dan sistem keamanan jaringan.
  • Sistem Backup Data Lebih Baik, Karena pada jaringan Client-server backup data dilakukan di server, yang akan meng-bacup seluruh data yang digunakan di dalam jaringan.
       

No comments:

Post a Comment